Dampak Perkembangan Teknologi Bagi Kehidupan Masyarakat


Modernisasi adalah suatu proses transformasi dari suatu perubahan ke arah yang lebih maju di berbagai aspek dalam rangka untuk peningkatan kualitas hidup masyarakat. Seperti halnya dengan penggunaan multimedia seperti alat komunikasi jarak jauh salah satunya yang paling marak saat ini adalah smartphone. Smartphone merupakan handphone pintar yang menyediakan banyak fitur dan fungsi. Smartphone yang pertama kali adalah simon yang di rancang dengan konsep touchscreen. Di tahun 1996 hadir nokia. Di tahun 2002 rim mengeluarkan blackberry telepon pintar pertama dengan surel tanpa kabel yang telah maksimal dan penggunanya pun sangat banyak mencapai 8 juta dalam jangka waktu 5 tahun. Mulai dari sinilah penggunaan smartphone terus berkembang. Pada masanya Blackberry khususnya aplikasi BBM sangat diminati sebagai alat komunikasi yang efisien dan fleksibel. Selanjutnya ada Android merupakan OS dan IOS.
Dalam artikel ini kita akan membahas mengenai perubahan prilaku masyarakat akibat penggunaan smartphone. Sekarang ini, smartphone difasilitasi banyak feature yang di tawarkan bikin barang ini makin diperlukan. Seperti yang kita ketahui dulu handphone untuk berkomunikasi sekedar telephone dan sms, sekarang seiring kemajuan teknologi fungsi utama dari handphone itu bermacam-macam, seperti mencari informasi di internet. Layaknya komputer mini, dulu masyarakat mencari informasi melalui internet dan mengetik dokumen melalui komputer sekarang bisa hanya dengan menggunakan smartphone. Semenjak ada smartphone masyarakat mengenal belanja online. Dengan smartphone masyarakat dapat berberlanja tanpa perlu susah payah pergi ke Pasar Swalayan atau kedaerah trertentu untuk membeli barang yang diinginkan. Smartphone menyediakan aplikasi belanja online seperti OLX.co.id, lazada, berniaga.com dan sebagainya yang menyediakan pasar online yang hampir menyediakan semua jenis kebutuhan masyarakat. Dengan aplikasi ini juga, masyarakat dapat melalukan bisnis, seperti Online shop tanpa memerlukan tempat dan bisa memasarkan barang ke seluruh daerah tanpa perlu pergi ke daerah tersebut. Jika dulu untuk mendapatkan teman, biasanya kita dapatkan dari sekolah atau dari lingkungan kita. Ada juga dengan sahabat pena, berkomunikasi dengan teman jarak jauh memerlukan waktu yang lama dikarenakan proses pengiriman pesen membutuhkan waktu berhari-hari. Namun, dengan smartphone, kita bisa mencari teman dengan mudah dan bisa berkomunikasi tanpa memerlukan waktu yang lama bahkan dengan teman yang diluar kota bahkan negara sekalipun. Masyarakat bisa mencari teman di sosmed, seperti BBM, Line, Whatsapp, Path dan lain-lain tersedia dalam smartphone sebagai sarana komunikasi dan berbagi moment untuk teman, keluarga dan bahkan mengetahui kegiatan dilingkungan sekitar. Adapun Google Map masyarakat bisa dengan mudah mengetahui jalan atau daerah yang dicari. Dulu kita tahu, untuk pergi keluar kota atau negara kita memerlukan Peta atau Atlas yang memerlukan tempat untuk menyimpan dan waktu untuk melihat satu persatu daerah atau jalan yang dicari. Beda halnya dengan Google Map, tanpa perlu tempat menyimpan dan waktu untuk mencari tempat hanya perlu mengetik daerah yang dicari dengan waktu beberapa detik daerah yang dicari akan muncul pada layar aplikasi ini. Ada juga  aplikasi layanan media informasi seperti Kompas. Dengan adanya Kompas di aplikasi smartphone masyarakat tidak perlu mengelurkan waktu dan biaya lebih untuk berpergian dan membeli koran karna sekarang telah tersedia di smartphone. Oleh karna itu, masyarakat cenderung memiliki smarphone oleh banyaknya fasilitas yang dapat memantu aktifitas masyarakat   yang hanya dengan mudah didapatkan.  Pokoknya yang berhubungan dengan Teknologi dan Informasi ada di smartphone.
Pada waktu ini siapa yg tidak memakai smartphone? Nyaris seluruhnya kelompok mempunyai benda ini saat ini. Dalam pemakaiannya smartphone bisa disebutkan benar-benar bermanfaat sesuai sama dengan keperluan yang cocok. Seperti mempermudah komunikasi, mempermudah mencari teman, mempermudah pekerjaan mengetik, dan mempermudah aktifitas masyarakat seperti yang telah dijabarkan diatas.
Namun barang ini disebutkan tak bermanfaat disaat satu diantara pemakainnya tak tahu perihal feature fitur yang ada di dalam smartphone dan menyalahgunakannya. Seperti mengganggu perkembangan aktifitas masyarakat . Dengan canggihnya fitur-fitur yang tersedia di hand phone (HP) seperti : kamera, permainan (games) akan mengganggu masyarakat dalam melakukan aktifitas. Tidak jarang mereka disibukkan dengan menerima panggilan, sms, miscall dari teman mereka bahkan dari keluarga mereka sendiri saat sedang bekerja atau disekolah sehingga pembelajaran dan pekerjaan terganggu. Bahkan ada yang menggunakan HP untuk mencontek dalam ulangan. Efek radiasi. Rawan terhadap tindak kejahatan yang sering terjadi didunia maya adanya penipuan dan sebagainya. Sangat berpotensi mempengaruhi sikap dan perilaku masyarakat khususnya anak. Jika tidak ada kontrol dari guru, orang tua dan lingkungan. Smartphone  bisa digunakan untuk menyebarkan gambar-gambar yang mengandung unsur pornografi. Terkadang sampai menciptakan lingkungan pergaulan sosial yang tidak sehat.
Dari penjelasan diatas, kita tahu bahwa segala sesuatu memiliki dampak positif dan negatifnya. Sebagai masyarakat yang mengikuti perkembangan zaman, kita sebaiknya cerdas dalam memanfaatkan teknologi seperti halnya dengan smartphone, seperti saat penggunaannya dalam lingkungan  harus sesuai pada tempat dan waktu agar tidak mengganggu aktifitas dan terlalu banyak terkena radiasi. Lebih teliti dalam memilah informasi yang tepat dan tidak tepat agar tidak tertipu.

0 komentar:

Posting Komentar

 

© Copyright All About Me . All Rights Reserved.

Designed by TemplateWorld and sponsored by SmashingMagazine

Blogger Template created by Deluxe Templates